6 Feb 2011

Wisata Maroko, Negeri Matahari Terbenam



Menara Koutoubia di kala sore
Negeri-negeri di semenanjung Afrika Utara kerap disebut negeri-negeri Maghribi. Sebutan ini kian populer karena tempat-tempatnya yang selalu mengundang daya tarik wisatawan. Lihat saja, Mesir. Negeri Piramid ini hingga kini menjadi objek wisata favorit wisatawan mancanegara. Banyak yang menilai negeri di kawasan Maghribi dianggap menarik karena letak geografisnya yang sangat dekat dengan benua Eropa dan Asia. Perpaduan budaya pun menjadi ciri khas negeri-negeri ini, dengan ciri khas utama budaya Islam.

Maroko sebuah negara di belahan utara Afrika, terletak beberapa kilometer dari benua Eropa (tepat di bawah Spanyol yang terpisahkan oleh selat Gibraltar) yang memiliki seribu pesona sehingga banyak dikunjungi para wisatawan asing. Saking indahnya, objek wisata di Maroko bertebaran di mana-mana. Yang paling terkenal adalah Casablanca.
Casablanca adalah kota terbesar di Maroko, terletak diantara Fez dan Marrakech, yang merupakan pusat perekonomian, industri dan keuangan. Meski merupakan kota modern, pemandangan indah dengan bangunan tua bergaya paduan antara seni islam Andalusia dan Modern masih sangat terawat dan dapat dengan mudah kita lihat hampir di setiap ruas jalan Casablanca. Beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di kota Casablanca adalah The Hassan II Mosque, Old Medina dan Quartier des Habous.
Selain Casablanca, Marrakech yang dijuluki Red City juga merupakan tempat wisata unggulan di Maroko. Di kota ini terdapat Bahia Palace, sebuah istana indah yang dahulu memiliki permaisuri bernama Bahia selain bahia palace Marakech juga mempunyai tempat yang menarik seperti Minaret of the Koutoubia, taman Jma el Fna, Old Medina, Al-Badi Palace, Majorelle Garden.
Tak hanya Casablanca dan Marakech yang menebar pesona. Maroko pun masih punya beberapa tempat wisata yang layak dikunjungi, seperti beberapa objek wisata berikut ini:
Dar-Bouazza, Asilah, dan Esaouira
adalah tiga kawasan wisata pantai di Maroko yang masing-masing punya kelebihan sebagai objek wisata. Pantai Dar-Bouazza cocok untuk berselancar karena gulungan ombaknya dahysat tapi tak membahayakan. Esaouira banyak dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan olahraga pantai, seperti jet-ski, parasailing, banana boat, dayung, dan kano. Sedangkan Asilah, selain sering dipakai untuk aktivitas olahraga bahari, kawasan pantainya sering dipakai untuk jalan-jalan dan bersantai karena berudara hangat dan bersih.

Pegunungan Atlas berselimut salju

Oukaimeden
Terletak di Pegunungan Atlas, sekitar 150 km dari Marrakech , dekat pegunungan tertinggi di Maroko Jebel Toubkal .tempat  Ini adalah salah satu resor ski terkemuka di Afrika. Ski Pusat Oukaimeden terletak di ketinggian 2600 - 3200 dpa. Waktu yang tepat untuk bermain ski di sini adalah selama bulan Januari dan Februari, karena pada waktu salju tebal sedang menyelimuti seluruh permukaan di Oukaimden. Sedangkan  di musim panas Oukaimeden berubah menjadi tempat yang populer bagi pemanjat tebing dan gunung.
Gurun Sahara
 Maroko adalah negara Afrika Utara yang kebetulan menguasai sebagian area gurun sahara di Afrika. Kawasan Zagora, Foum Zquid, dan Erfoud adalah tiga kawasan yang sering dikunjungi wisatawan untuk jalan-jalan di gurun pasir. Namun Zagora lah yang paling terkenal. Berlokasi di Lembah Draa, membuat Zagora strategis untuk memulai perjalanan di gurun pasir. Penyewaan unta pun banyak tersedia di sini. Sedangkan Foum Zquid adalah kawasan padang pasir yang banyak ditanami pohon palem. Sementara Erfourd dikenal sebagai kawasan padang pasir yang memilki oase luas dan indah.

Ait Ben Haddou adalah sebuah kota benteng kuno di Maroko. Terletak di bagian tengah dari negara di wilayah Souss - Massa - Draâ, dekat kota Ouarzazete. Ait Ben Haddou terdiri dari sekelompok bangunan tanah dikelilingi oleh tembok tinggi. Sudut-sudut dinding setinggi 4 m. Sejak 1987, kota benteng kuno Aït Ben Haddou terdaftar pada Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Sarana Transportasi di Maroko
Kereta Api
Kereta Api merupakan sarana transportasi yang sangat nyaman untuk digunakan bila anda ingin mengunjungi berbagai kota yang ada di Maroko. Office National des Chemins de Fer (ONCF) yang bertanggung jawab atas pelayanan kereta api. Nyaman, bersih, cepat dan harga tiketnya pun terjangkau. Para turis terutama dari Eropa sering dijumpai menggunakan kereta api saat bepergian.
Rute utama adalah:
1. Marrakech-Casablanca-Rabat-Meknes-Fez-Oujda
2. Marrakech-Casablanca-Rabat
3. Marrakech-Casablanca-Meknes-Fez
4. Casablanca-Rabat-Tangier.
Rute yang sering digunakan adalah dari Fez menuju Rabat dan Casablanca, dengan pelayanan lima kali dalam sehari dan dua overnight service.
Pesawat Terbang
Bila anda memilih untuk menggunakan pesawat untuk mencapai satu kota di Maroko, pesawat terbang merupakan salah satu pilihan yang tepat. Royal Air Maroc adalah maskapai penerbangan yang menyediakan jasa untuk itu.
Bis
Menggunakan bis di Maroko tergolong sangat nyaman dengan manajemen yang professional.Di sebagian kota-kota yang ada di Maroko,Tiket diproses secara elektronik dan barang bawaan disimpan di bagasi. Prosesnya hampir mirip dengan menggunakan pesawat terbang.

Taksi
Untuk transportasi dalam kota tersedia berbagai jenis taksi. Sebagai turis, anda tidak perlu khawatir karena hampir semua taksi menggunakan argo meskipun terkadang untuk beberapa kota tertentu kita harus melakukan tawar menawar dengan sopir taksi.
Kereta Kuda
Bila anda pergi bersama pasangan dan ingin merasa romantis, cobalah untuk menikmati kota dengan menggunakan kereta kuda. Penulis menjumpai banyak kereta kuda di Marrakech. Kereta kuda yang digunakan cukup besar dengan dekorasi yang wow!

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah meninggalkan tilasan disini.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes