24 Feb 2013

Maroko Menjengkelkan ! Mau Tau ?



Ketika berbicara maroko, apa sih yang terbayang dalam benak kalian… yaa, Maroko emang hanya sebuah Negara yang berbentuk kerajaan dibagian ujung utara benua afrika.

Namun bagiku yang kini sedang tinggal di kota Casablanca, Maroko untuk menuntut ilmu di universitas Hassan II, sudah lebih dari 5 tahun 30 hari. Sudah sedikit banyak mengenyam pengalaman yang mengenakan sekaligus yang menjengkelkan hati.

Pada kesempatan ini saya hanya ingin mengatakan sebagian dari yang menjengkelkan itu, biar menjadi seimbang antara yang baik dan yang tidak baik selama ini yang kita ceritakan dan riwayatkan kepada teman-teman kita yang di Indonesia.

Petit Taxi di Casablanca
Hal-hal yang menjengkelkan yang mungkin akan anda temui ketika berkunjung ke Maroko baik itu untuk sekedar jalan-jalan ataupun untuk study. Seperti ketika anda mau naik taksi terutama di kota-kota besar seperti Casablanca anda akan di kenakan tarif lebih. Biasanya para sopir taksi akan langsung menembak tarif taksi untuk sampai ke tujuan, mereka tidak mau mengenakan argo taksi karena dikira kita sebagai orang asing memiliki dan membawa uang yang banyak. Hal ini sering terjadi di tempat-tempat wisata, bandara, stasiun kereta dan lainnya.

Selain mempermainkan tarif taksi, biasanya para sopir taksi juga sering memutarkan jalur yang lebih jauh agar lebih mahal tarifnya. Di tambah lagi, bahwa taksi-taksi di Maroko itu kaya mobil omprengan, artinya bahwa satu taksi bias dinaiki oleh orang yang berbeda-beda, ketika kita sudah naik taksi sendiri kemudian dijalan ada yang mau  naik, sopir taksi akan menaikkan penumpang lain. Jadi jangan heran yah.

Masih di bidang tranportasi, yang biasa menjengkelkan adalah bus antar kota. Di terminal sering banyak calo yang berkeluyuran jadi hati-hati, dan juga ditambah busnya sering tidak on-time. Kadang juga kalo lagi transit di suatu kota bisa berjam-jam nunggunya, yang lebih parahnya kita bias di oper-oper ke bus lain untuk sampai ke tujuan oleh kernet bus udah busnya yang lebih jelek lagi, (sempurna penderitaan di jalan)

Untuk kereta api pun hampir mirip, terutama kereta api jarak jauh seperti, jurusan fes-Marrakech, Casablanca-tanger, Casablanca-Oujda, sering terlambat.

Setelah transportasi kita pindah ke orang Marokonya. Ketika anda sedang berjalan-jalan, mungkin akan banyak ditemui orang maroko, ada dari sebagian mereka yang welcome dengan kita dan berniat menawarkan jasa untuk jadi guide, yang menyebalkan itu sifat memaksanya yang membuat jalan-jalan kita jadi tidak nyaman, hal ini sering terjadi di kota Fes, Marrakech.
Pasar tradisional Fes

Selain itu pun para pedagang di Maroko yang sering memainkan harga, makanya harga yang biasanya pas menjadi lebih mahal. Dan yang tidak kalah menjengkelkannya itu banyaknya peminta-minta yang suka memaksa, bahkan sampai mengikuti terus sambil menarik tangan atau tas kita. So… Waspadalah.

Jmaa el Fna, Marrakech
Selain itu biaya penginapan di Maroko pun relatife mahal di banding dengan Negara-negara lain, seperti perhotelan, atau kamar melati, bahkan sewa rumah untuk kita  mahasiswa juga termasuk mahal.

Nih ini hal menjengkalkan yang paling sering di temukan oleh pelajar Indonesia, yakni intansi Maroko yang semena-mena dan sering inkar janji alias no-ontime (sekarepe dewek) seperti Agence Marocain Cooperation International (AMCI), Ta’lim ‘Ali, bahkan sampai Syurtah al Amn (kantor polisi Daerah). Kalo mereka bilang ghadan (besok) bias berarti Usbu’(minggu depan), kalo mereka bilang usbu’ mukbil (minggu depan ) bias berarti tiga minggu atau bahkan sebulan. Memang sungguh sangat menyebalkan berhubungan dengan instansi-instansi seperti itu. Sebenarnya untuk intansi masih panjang dan lebar untuk di ceritakan, namun saya yakin teman-teman pelajar yang ada di Maroko lebih mengerti dan mempunya kisah dan cerita tersendiri untuk hal yang menjengkelkan dengan intansi itu.

Dan Masih banyak lagi yang menjengkelkan dari Maroko namanya, untuk tau kebih lanjut bisa inbok aja di fb atau email.

Terakhir, sebelum diselesaikan yang perlu anda tahu bahwa kalau menurut pengetahuan anda Maroko memiliki kota metropolis maka anda harus benar-benar mencatat dalam buku tujuan anda bahwa maroko termasuk Negara berkembang yang masih membutuhkan bantuan dari sana-sini, sebelum anda menyesal. Kalo mau ke Maroko perbaiki niat dulu, bahwa maroko asyiknya buat liat kebudayaan dan peninggalan peradaban masa silam seperti arsitek, seni, budaya sampai sahara.

3 komentar:

ahmad yuhanna mengatakan...

assalamualaikum
bisa minta email ato fb nya ustadz,, ana ingin ngobrol banyak..

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum....
bisakah saya bergabung di fb nya???
ada byk hal yang ingin saya tanyakan....
terimakasih sebelumnya...

Unknown mengatakan...

boleh minta fb nya mas, saya mau tanya2 banyak

Posting Komentar

terima kasih sudah meninggalkan tilasan disini.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes