30 Jan 2011

UNIVERSITAS-UNIVERSITAS DI MAROKO

Berikut adalah beberapa Nama Universitas-universitas yang ada di negara Kerajaan Maroko:

1.         UNIVERSITAS MUHAMMAD V RABAT
Nama universitas ini diambil dari nama raja yang memerintah maroko dari tahun 1927 sampai 1961 dan juga dikenal sebagai pemimpin perjuangan nasional melawan penajajahan yang menguasai maroko sejak tahun 1912. tiga tahun setelah naik tahta, beliau sudah mulai menyuarakan gerakan nasional untuk berjuang melawan penjajah, sehingga beliau diasingkan oleh kolonial. Setelah dua tahun lebih di pengasingan, sang raja pun kembali ke maroko. Di bawah kepemimpinan beliaulah dimulai periode kebangkitan maroko merdeka, terutama di bidang pendidikan.

Oleh karena itu adalah sangat wajar, apabila nama sang raja diabadikan pada universitas modern petama di maroko, karena beliaulah yang menjadikan pendidikan sebagai sarana kebangkitan nasional, di mana beliau mendorong berdirinya lembaga-lembaga swasta dan pengajaran bahasa arab pada zaman penjajahan.

Universitas ini memulai akftifitasnya pada tahun 1957, dengan memiliki tiga lembaga/fakultas, yaitu fakultas adab, fakultas ilmu pengetahuan alam (IPA), fakultas hukum dan ekonomi, dan diperkuat dengan SK Raja tanggal 15 muharram 1379 / 21 juli 1959. setelah itu berdiri lembaga-lembaga baru di bawah universitas ini serta mempunyai cabang di Casablanca, ges dan kenitra.

Universitas Mohamed V merupakan pelopor bagi pendidikan tinggi di maroko stelah merdeka, baik dari segi kaderisasi, perhatian terhadap kebudayaan maupun dari segi pengembangan universitas melali penelitian-penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosennya.

Pada tahun 1992, universitas ini terbagi kepada dua universitas, yaitu universitas mohamed V agdal, dan universitas mohamed V soussi.

2.         UNIVERSITAS HASSAN II CASABLANCA
universitas hassan II terletak di kota casablanca, kota terbesar di maroko, sekaligus sebagai ibukota industri. Nama universitas ini diambil dari nama raja yang berkuasa dari tahun 1961 – 1999, sebagai lambang kebangkitan dan pembangunan maroko.

Pada mulanya univeristas ini merupakan cabang dari universitas mohamed V di rabat sampai tahun 1975, saat diresmikan menjadi univeristas tersendiri dan mempunyai cabang di kota mohammedia. Pada tahun 1989, universitas ini dibagi menjadi dua, yaitu universitas hassan II di ‘Ain chok casablanca, dan univeristas hassan II di mohammedia.


3.         UNIVERSITAS QUARAOUIYINE
universitas Quaraouiyine (baca: qarawiyyin) merupakan universitas tertua dan bersejara di maroko. Asal mulanya adalah sebuah mesjid sederhana yang didirikan di fes pada tahun 245 H. / 859 M. Oleh fatimah al fahriyah, seorang imigran dermawan berasal dari sebuah kota di tunisia bernama Al Qairouan(baca: al qairawan). Maka dari nama kota asalnya itulah di nisbahkan universitas Quaraouiyine.


universitas ini didirikan pada tanggal 11 syawal 1395 H. / 17 oktober 1975 M., dengan memakai nama salah seorang raja besar dari dinasti Alawiyah, sultan sidi mohammed ben abdullah yang lahir pada tahun 1134 H. / 1721 M. Dan wafat pada tahun 1204 H. / 1790 M. Beliau dikenal sebagai seorang pembaharu pendidikan, pengarang buku dan cendikiawan.

Pada mulanya universitas ini merupakan cabang dari lembaga-lembaga yang bernaung dibawah universitas mohammed V rabat. Ketika diresmikan sebagai universitas yang berdiri sendiri, universitas ini berkembang dengan berdirinya beberapa fakultas dan sekolah tinggi, serta beberapa lembaga untuk mengimbangi semakin meningkatnya kebutuhan terhadap universitas ini.


5.            UNIVERSITAS IBN TOFAIL KENITRA

Universitas ini terletak di kota kenitra, dengan memakai nama ibn tofail, salah seorang filosof maroko yang hidup pada tahun 494-598 H. / 1100-1185 M., dan juga dokter pribadi sultan abu ya’kub al-muwahhidi sampai beliau wafat di Marrakech

Sebelum berdiri sendiri, Universitas yang mempunyai dua fakultas ini adalah cabang dari unversitas mohamed V Rabat. Pada tahun 1989, mulai memisahkan diri dari Universitas mohamed V rabat, berdasarkan SK raja No. 1.89.144, tanggal 23 oktober 1989.


Nama Universitas Chouaib Eddoukali (baca : syu’ab ad-dukaly) diambil dari nama salah seorang ulama maroko, bernama abu syu’aib bin abdurrahman al-siddiqi Eddoukali (1295-1357 H. / 1878-1938 M.). semasa hidupnya beliau pernah menjabat sebagai qadhi, mufti, menteri dan guru.

Universitas ini didirikan tahun 1989 dengan SK raja No. 144-89-1 tanggal 22 rabiul awal 1401 H. Bertepatan dengan oktober 1989. pada awalnya universitas ini hanya mempunyai dua fakultas : fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam serta fakutlas adab dan humaniora yang ketika itu menginduk ke universitas Hassan II Casablanca, yaitu dari tahun 1986 sampai 1989, saat diresmikan menjadi universitas yang berdiri sendiri.

7.            UNIVERSITAS MOULAY ISMAIL

Nama universitas ini diambil dari nama salah seorang raja Dinasti Alawiyah, Moulay Ismail bin muhammad al-syarif (1056-1139 H. / 1645-1727 M.). ketika berkuasa, ia menjadikan kota Meknes sebagai ibu kota. Dan pada masa beliau pula banyak dicapai keberhasilan baik dalam bidang politik maupun peradaban.

Cikal bakal universitas ini di mulai tahun 1982 M., yang saat itu hanya merupakan dua fakultas: fakultas adab dan humaniora dan fakultas MIPA yang menginduk ke universitas Sidi mohamed ben abdellah di Fes. Pada 1989 M. Universitas ini berdiri dan menaungi beberapa fakultas tambahan.


8.            UNIVERSITAS MOHAMED I (OUJDA)

Universitas ini terletak di kota oujda, menyandang nama sultan mohamed ben mohamed, pendiri dinasti Alawiyah (wafat: 1075 H. / 1664 M.). sebelum berdiri pada tahun 1978, universitas ini berada di bawah naungan universitas sidi mohamed ben abdellah.

  
9.            UNIVERSITAS CADI AYYAD
Universitas Cadi Ayyad (baca: Qadhi ‘iyyad) didirikan pada tahun 1978, berpusat di kota Marrakech, dengan satu cabang di kota Beni Mellal. Nama universitas ini diambil dari nama seorang ulama terkemuka maroko yang berasal dari kota Sebta, bernama ‘Iyadh bin musa al-yahshibiy (476-544 H. / 1083-1149 M.)


Terletak di tetouan dan mempunyai beberapa fakutltas/institut di tanger. Nama universitas ini diambil dari nama salah seorang raja Dinasti sa’diyah, yaitu Abdel Malek Essaadi yang wafat pada tahun 986 H. / 1578 M.. beliau merupakan simbol perjuangan rakyat melawan Portugal di kancah peperangan ouad al-makkhazin yang mempunyai pengaruh besar terhadap keseimbangan kawasan laut tengah.

Pada awalnya universitas ini menginduk kepada universitas di fes, pada tahun 1962. sedangkan sekolah tinggi terjemah raja fahd di Tanger. Sebelumnya merupakan cabang dari universitas mohamed V di Rabat.

Ketika universitas abdel malek Essaadi berdiri sendiri pada tahun 1989, universitas ini menjadi simbol pendidikan tinggi untuk wilayah barat laut kerajaan maroko.

11.          UNIVERSITAS IBNOU ZOHR

Universitas Ibnou Zohr (baca: ibnu zuhur) berada di kota Agadir. Nama universitas ini diambil dari nama seorang dokter, salah satu tikoh yang terkenal di maghrib arabi. Nama lengkapnya ialaha abdel malek ben zohr (464-557 H. / 1072-1162 M.). Tokoh Ibnou Zohr telah banyak berkiprah ketika maroko dikuasai oleh Dinasti Murabithiyah dan Muwahhiddiyah serta menulis karya ilmiah yang dijadikan sebagai rujukan penting di bidang ilmu kedokteran.

Universitas Ibnou Zohr didirikan berdasarkan SK Raja Maroko no. 1.89.144, tanggal 22 rabiul ‘awal 1410 H. / 23 oktober 1989 M.. saat ini universitas Ibnou Zohr merupakan perguruan tinggi terbesar di wilayah selata Maroko.



Institut Dar al-Hadits al-Hassaniyah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam terkemuka di marko. Peranannya sangat penting dalam menjaga ajaran islam dari pengaruh imperealisme Barat. Berdiri pada bulan Nopember 1964, berdasarkan SK Raja Hassan II tanggal 26 Ramadan 1383 H. Dengan demikian, dar al-hadits boleh dikatakan sebagai lembaga pertama yang didirikan langsung oleh Raja Hassan II sejak beliau naik Tahta kerajaan maroko, tahun 1962.

Begitu besar harapan raja hassan II akan peran dar al-hadits dalam meningkatkan mutu pendidikan islam di maroko. Sebagai komitmen dari hal tersebut, raja Hassan II tidak segan-segan mengeluarkan anggaran khusus dari istana kerajaan untuk menopang kelangsungan lembaga ini.

Nama “dar al-hadits” diilhami dari istilah „hadits“ yang berarti „kata dan perbutan Rasulullah SAW”, sedangkan “dar” berarti “rumah”. Nama ini sebenarnya mengisyaratkan betapa raja hassan II memiliki perhatian penuh pada jejak langkah rasulullah SAW yang diyakini oleh penduduk maroko sebagai kakek Raja Hassan II.

Di samping itu, nama dar al-hadits juga tidak asing lagi di telinga para pakar keilmuan Isalm. Sebut saja misalnya dar al-hadits al-nawawiyah di Damaskus, yang berdiri pada tahun 569 H., dar al-hadits al-asyrofiyah di Damaskus, berdiri pada tahun 626 H.

Berlandaskan pada arti serta nama dari lembaga-lembaga dar al-hadits di atas, maka lembaga pendidikan Islam di maroko ini diberi nama dar al-hasits al-hassaniyah. Al-hassaniyah diambil dari nama Raja Hassan II.



* Ada beberapa Universitas yang lain di Maroko yang tidak tertulis disini. Semoga bermanfaat.
* Di sadur dari Med Sabiq el-Hady


2 komentar:

ziamotivator mengatakan...

ust adakah info untuk ke salah satu universitas diatas bagi mahasiswa indonesia kemudian beasiswa,sy ingin sekali itu tadz.. bisa dikirim ke ziakhakimzia@ymail.com

Burhan Ali mengatakan...

info beasiswa ke maroko baru saja keluar.. bisa di cek di : http://diktis.kemenag.go.id/ buruan waktu pendaftaran terbatas dari tgl 10-13 juli

Poskan Komentar

terima kasih sudah meninggalkan tilasan disini.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes