4 Okt 2011

Sayembara Menulis Tingkat Maroko


PENDAHULUAN

Beranjak dari kesadaran kami tentang alangkah mubadzirnya bakat-bakat dan talenta yang tak terjamah, yang tak terasah, dibiarkan mengkarat begitu saja, seperti  zamrud yang terkubur.  Diantara biangnya mungkin minimnya  sentuhan apresiasi, wadah dan sedikitnya  kemauan, yang tak jarang menjadi aral untuk bergerak menulis.

Dengan ini untuk menghidupkan dan lebih mengapresiasi kepada setiap goresan tinta, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko melalui Departemen Media Informasi ingin mengadakan Sayembara menulis bagi seluruh Mahasiswa(i) dan WNI di Maroko.

"Indonesia Di Matamu, Indonesia Dalam Mimpimu". Tema ini di rasa paling klop untuk memulai sayembara ini, karena  pastinya kawan-kawan sebagai putra putri bangsa mempunyai setumpuk referensi dan gambaran,  dengan segala versinya.

Indonesia dengan segala kekayaan alam dan budayanya, masyhur  dengan  keluhuran budi pekertinya, kancah  perpolitikan yang  tergolong  reot, keberagaman dan seterusnya. Tema ini juga berkutat  tentang harapan dari tunas-tunas bangsa untuk tanah air Indonesia, Kini dan esok hari.

 PERSYARATAN LOMBA

1. Terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Maroko tanpa kecuali, dan bersifat perorangan.

2. Tema artikel : "Indonesia Di Matamu, Indonesia Dalam Mimpimu".  Judul bebas, Isi artikel dapat berkaitan dengan Indonesia dilihat dari berbagai dimensi, seperti sosial-budaya, pendidikan, sejarah, masyarakat, ekonomi, politik, pertahanan-keamanan, peran di dunia internasional, dan sebagainya.

3. Setiap peserta lomba boleh mengirimkan lebih dari satu naskah. Tulisan asli (orisinil) bukan saduran, ditulis dalam bahasa populer, dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan EYD. Kutipan diperbolehkan tidak lebih dari 20% dan wajib mencantumkan sumber referensinya.

4. Panjang tulisan maksimal 3,5 halaman kuarto (ukuran kertas letter) atau 1500 kata atau 8.000 karakter (dengan spasi), ditulis dengan Naskah diketik dengan jenis huruf Time News Roman (TNR), ukuran 12 pt.

5. Pada akhir tulisan dicantumkan identitas lengkap penulis meliputi nama, tempat/tanggal lahir, nama sekolah/universitas, alamat sekolah/universitas, nomor telepon seluler, alamat e-mail, dan akun facebook atau friendster atau lainnya.

6. Pengiriman naskah artikel hanya dapat diterima Panitia lomba melalui surat elektronik (e-mail) saja ke : dmippimaroko@gmail.com . Panitia tidak melayani penerimaan naskah dan surat-menyurat secara konvensional (kantor pos atau jasa pengiriman lainnya). Bagi yang tidak memiliki email dan/atau akses internet, dapat menitipkan kepada orang lain dengan tetap mencantumkan identitas diri penulis.

7. Seluruh naskah lomba harus  sudah diterima Panitia antara tanggal 3 Oktober  s/d  10 November 2011 (Pukul 24.00 WIB).

8. Penjurian akan dilakukan dari tanggal 11 November sampai 23 November 2011, sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 25 November 2011.

DEWAN JURI DAN KETERANGAN LAINNYA

1. Juri lomba adalah Drs. H. Tosari Widjaja (Dubes RI untuk Kerajaan Maroko), Mahsusoh Ujiati(Ibu Dubes), Suparman Hasibuan (P.F Pensosbud KBRI Rabat), Fahmi Islam Jiwanto, MA (studi Program S3), Fakhrurrazie Yunus, MA (Penasehat PPI, Dosen, dan studi Program S3),

2. Keputusan Dewan Juri adalah absolut (mutlak) dan tak bisa diganggu gugat.

3. Hak publikasi dan penggunaan artikel untuk kepentingan kemanusiaan, pendidikan, persahabatan, dan sosial budaya menjadi milik Dept. Media Informasi PPI Maroko.

4. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 25 November  2011.

HADIAH DAN PENGHARGAAN

Pemenang sayembara juara 1,2,dan 3 akan mendapatkan Uang pembinaan + sertifikat, serta bingkisan menarik lainya. Tulisan para pemenang akan di muat di media online, media group online dan media cetak.

PENUTUP

Partisipasi kawan kawan menjadi sangat berarti bagi kami  untuk bersama -sama melangkah maju, membangun kualitas diri dan organisasai.

Alamat Sekretariat Panitia Sayembara (PPI Maroko):
10, Sect. D Nouveau Kouass Yacoub el-Mansour Rabat.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Dept. Media Informasi, E-mail : dmippimaroko@gmail.com atau personil Dept. MI :  Burhan Ali, Habib Choirul Musta'in dan Afif Husen
Rabat, 28 September 2011
a/n PPI Maroko
Pantitia Lomba,


Dept. Media dan Informasi

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah meninggalkan tilasan disini.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes