14 Apr 2011

Simposium, Sebuah Wacana Abadi ?


Ketika kita berada dalam kehangatan dan semangat yang tinggi serta keinginan yang menggebu-gebu tentang kebersamaan Pelajar dan mahasiswa Asia tenggara di Maroko seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Lahirlah sebuah wacana tentang Simposium Mahasiswa tiga negara Asia tenggara tersebut

Berdasar dari banyaknya jumlah mahasiswa Indonesia khususnya dan mahasiswa Asia Tenggara umumnya yang berada di Negeri Seribu Benteng ini dan dengan mengaca pula pada organisasi mahasiswa Afrika dengan nama la confederation des Eleves Etudiants et Stagianes Africains (CESAM) yang bernaung di bawah payung Agence du Marocain Corperation Internationale (AMCI), PPI Maroko sebagai wadah yang menaungi mahasiswa Indonesia di Maroko ingin membangkitkan sebuah wacana untuk lebih meningkatkan sebuah kerjasama dan melembagakannya bersama organisasi mahasiswa Malaysia (PMMM) dan Mahasiswa Thailand (TSAM) dengan membentuk sebuah organisasi Asia Tenggara .

Rencananya dengan ide diatas, PPI Maroko ingin mengadakan Symposium Mahasiswa Tiga Negara Asia Tenggara sebagai langkah awal dan gambaran dalam pembentukan Organisasi tersebut. Memberikan stimulasi dan gambaran langkah konkrit dalam pembentukan organisasi. Mempererat hubungan antar mahasiswa Asia Tenggara di Maroko. Memperluas jaringan kerjasama antar mahasiswa Asia Tenggara di Maroko dalam segala bidang. dan Menunjukan dukungan PPI Maroko dalam upaya meningkatkan kompetensi pendidikan dan kepemimpinan .
Sebuah Wacana dan gagasan yang bagus serta unik, namun hal ini bukanlah wacana yang baru. dikatakan sebuah gagasan yang bagus karena dengan demikian berusaha membangkitkan gaya pemikiran dan kepemimpinan serta menstimulasi kepada setiap mahasiswa untuk saling bekerjasama dan untuk menfasilitasi dari masing-masing anggotanya.

Yang kedua di katakan unik, karena gagasan ini muncul dari kalangan Mahasiswa yang ingin menggabungkan diri mereka untuk menunjukan kekuatan baru dari mahasiswa Asia tenggara khususnya dan Asia umumnya. namun wacana ini pula tinggallah wacana yang selamanya akan menjadi wacana karena keinginan yang setengah-setengah tidak sepenuh hati .

Dan yang ketiga, Wacana ini memang bukanlah sebuah wacana yang baru lagi, karena dari beberapa kabar yang penulis dengar bahwa sebelumnya wacana ini telah di bangkitan dan diangkat ke publik ketika PPI Maroko di kendalikan oleh Sdr. Syariful Hidayat Lc,. Namun wacana yang telah di kembangkan itu hingga sekarang belum bisa terwujud. hingga sekarang timbullah wacana untuk membangkitkan kembali keinginan yang sempat terkubur itu .

Namun ada sebuah pertanyaan, apakah wacana yang sudah naik turun ini akan mengalami hal yang sama pada era sebelumnya? karena itulah tulisan ini muncul untuk mengingatkan kepada kita tentang kelanjutan dari wacana tersebut.

Kunci dari Aksi Wacana ini adalah "Al Iradah" atau kemauan.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah meninggalkan tilasan disini.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes